
Desa Titian Kuala
Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu - 61
Administrator | 10 November 2022 | 339 Kali Dibaca

Artikel
Administrator
22 10-1 15:19:05
339 Kali Dibaca
Titian Kuala News- Berikut adalah beberapa kegiatan inovasi pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Titian Kuala :
1- Portal Informasi Desa: Pemerintah desa membuat portal informasi desa yang menyediakan akses mudah ke informasi publik. Portal ini berisi berbagai informasi penting seperti kebijakan pemerintah desa, jadwal kegiatan, proyek pembangunan, laporan keuangan, dan pemberitahuan lainnya.kontak penting.Masyarakat dapat mengakses portal ini melalui internet dan memperoleh informasi secara cepat dan transparan melalui Link Website Desa :
2- Aplikasi Seluler dan Anjungan Desa Mandiri (ADM) : Pemerintah desa dapat mengembangkan aplikasi seluler yang memungkinkan masyarakat mengakses informasi publik dengan mudah melalui ponsel pintar Aplikasi ini mencakup fitur pelayanan surat pengantar secara praktis, Aplikasi pelayanan Surat Menyurat, Aplikasi Mobile Website Desa dan Anjungan Desa,
Untuk Anjungan Desa Mandiri (ADM) Bisa Di Akses Langsung Di Kantor Desa Titian Kuala,Kegunaan Dari Pada Anjungan Desa Tesebut Adalah Untuk Pelayanan surat Menyurat Secara Global Oleh Masyarakat Desa Titian Kuala.
Untuk Aplikasi Mobile dapat di Download Di bawah Ini :
Aplikasi Mobile Website Desa
3- Media Sosial Desa : Pemerintah desa memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat Dengan membuat akun resmi desa, pemerintah dapat membagikan berita, pengumuman, foto kegiatan, dan menjawab pertanyaan masyarakat. Media sosial juga memungkinkan interaksi dua arah yang dapat memperkuat keterlibatan dan partisipasi masyarakat :
Facebook : https://m.facebook.com/TitianKualaIsOne
Instagram : https://www.instagram.com/sitika_informasi/
Youtube : https://www.youtube.com/@TITIANKUALA
4- Posko Informasi Publik : Pemerintah desa membuat ruang khusus terkait informasi publik di kantor desa. Posko ini dilengkapi dengan papan pengumuman, brosur, dan petugas yang siap memberikan informasi kepada masyarakat.Posko informasi publik dapat menjadi tempat untuk mengajukan pertanyaan, memberikan masukan, atau mengakses informasi terkait desa Layanan WhatsApp Group (WAG) Warga Desa Titian Kuala, maupun Japri ke Nomor WA Admin Desa Titian Kuala : Pemerintah desa menyediakan layanan pesan singkat yang memungkinkan masyarakat untuk menerima informasi publik melalui WhatsApp.Untuk Layanan WhatsApp Group (WAG) Desa Titian Kuala Di Beri Nama :
- GROUP SITIKA INFORMASI ( UNUK MASYARAKAT DESA TITIAN KUALA )
- GROUP KAMPUN DAMAI ( UNUK MASYARAKAT DESA TITIAN KUALA )
- GROUP KARANG TARUNA
- GROUP POSYANDU
Masyarakat dapat mendaftar untuk menerima pembaruan terkait kegiatan desa, pengumuman penting, atau pemberitahuan darurat, Layanan ini dapat memanfaatkan teknologi WhatsApp Group untuk mengirimkan pesan ke nomor-nomor yang terdaftar.
Serta Pemerintah Desa dalam kegiatan acara warga, dalam Sambutan atas nama Pemerintah Desa sekalian menginformasikan kegiatan Desa seperti di acara Hajatan, Tahlil, Muslimatan, dll.
5- Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Publik Desa : Sosialisasi yang diberikan ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk menunjang pelayanan publik yang lebih cepat.
Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari perkembangan kebutuhan manusia.
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, selain dapat meningkatkan pelayanan juga bermanfaat dalam proses pengolahan data yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan,dan mendukung pengambilan keputusan.
Salah satu teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi menggunakan media aplikasi dan internet yang dapat di akses dari mana saja,
sehingga pemasukan data dapat dilakukan dari mana saja dan dapat dikontrol dari satu tempat sebagai sentral.
Untuk Penerapan Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Publik Tesebut Dilaksana Di Setiap Pertemuan, Media Sosial, Whatsapp Group dan juga Kegiatan Lainnya Seperti :
- Sewaktu Rapat Desa Dengan Masyarakat
- Majelis Taqlim
- Whatsapp Group
- Youtube
Penting untuk memilih inovasi pelayanan informasi publik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat desa. Dalam implementasinya,pemerintah desa juga perlu memastikan aksesibilitas, ketersediaan sumber daya, dan kemudahan penggunaan bagi masyarakat mengakses dan memanfaatkan layanan informasi publik yang disediakan.
Adapun permasalahan yang dihadapi pemerintah desa dalam mengoptimalkan kegiatan pemerintah Desa meliputi permasalahan internal yang berupa ketatalaksanaan,sumber daya manusia atau kompetensi aparat pemerintah desa, dan penggunaan teknologi administrasi yang masih kurang.
Sedangkan, masalah eksternal berupa dinamika masyarakat dan tumbuh kembangnya masalah yang dihadapi masyarakat.
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dijelaskan bahwa "Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia.
Diantaranya dapat membantu Perangkat Desa dalam melakukan kegiatan Tata Usaha Administrasi Desa. Dalam bidang kegiatan tata usaha administrasi Desa, komunikasi merupakan hal terpenting yang dijalankan oleh Perangkat Desa.
Tanpa adanya teknologi informasi dan komunikasi maka kegiatan perkantoran di pemerintahan Desa tidak akan berjalan dengan baik.
Komentar Facebook
Statistik Desa

Populasi
555

Populasi
537

Populasi
-

Populasi
-

Populasi
1092
555
LAKI-LAKI
537
PEREMPUAN
-
JUMLAH
-
BELUM MENGISI
1092
TOTAL
Aparatur Desa

Kepala Desa
SOPTIAN HADI

Kasi Pemerintahan
HAIRUDIN

Sekretaris Desa
AGUS WAHYUDIN

Kaur Keuangan
ELLY MASTARINI

Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan
DEVI SURYANI

Kaur Umum dan Perencanaan
M. AGUS KURNIAWAN,S.HUT

Kepala Dusun Gertak Baru 1
SAPARDI

Kepala Dusun Gertak Baru 2
BENI HADRIANSYAH



Desa Titian Kuala
Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu, 61
Hubungi Perangkat Desa untuk mendapatkan PIN
Masuk
Agenda

Belum ada agenda terdata
Jam Kerja
Hari | Mulai | Selesai |
---|---|---|
Senin | 08:00:00 | 16:00:00 |
Selasa | 08:00:00 | 16:00:00 |
Rabu | 08:00:00 | 16:00:00 |
Kamis | 08:00:00 | 16:00:00 |
Jumat | 08:00:00 | 16:00:00 |
Sabtu | Libur | |
Minggu | Libur |
RADIO RRI Pro 1 PONTIANAK
Radio RRI Pro1 Pontianak
Arsip Artikel

769 Kali
Permendagri-No.20-TH-2018 Lampiran Tentang Keuangan Desa

433 Kali
Desa Titian Kuala Ikuti Bimtek Kader Digital Desa Fase 2 Region Surabaya Diantara 466 orang Kader Dari Berbagai Provinsi

430 Kali
Bupati Sis Mengisi Buku Tamu Digital di Anjungan Desa Mandiri Titian kuala

399 Kali
SEKDA Kapuas Hulu beserta rombongan OPD Monitoring dan Pembinaan, memastikan kesiapan Desa Titian Kuala dalam Rangka Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2023

385 Kali
Empat Hari Terendam Banjir Warga Titian Kuala Buat Panggung di Dalam Rumah Untuk Bertahan

372 Kali
Banjir Terparah Landa Desa Titian Kuala di Kecamatan Selimbau

362 Kali
Serah Terima Jabatan dari Kepala Desa Periode 2018-2024 kepada Pj. Kades serta Penyerahan BLT DD tahap II tahun 2024

68 Kali
Posyandu Anggrek Putih Laksanakan Posyandu usia Produktif atau usia Dewasa dan usia Lanjut Usia di Gedung Pertemuan Desa Titian Kuala

36 Kali
Inventaris Aset Desa Titian Kuala 2014-2024

56 Kali
Posyandu Anggrek Putih Desa Titian Kuala laksanakan Posyandu pada usia Produktif atau usia Dewasa dan usia Lanjut Usia

77 Kali
Posyandu Anggrek Putih melaksanakan kegiatan Posyandu pada Bayi, Balita, dan Ibu Hamil
.png)
71 Kali
Aturan Terbaru Terkait Pencatatan nama pada Dokumen Kependudukan

164 Kali
Penerimaan Alat Bermain BKB Kids Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencanan

153 Kali
Kader Posyandu Angrek Putih Desa Titian Kuala Mengikuti Jambore Kader Posyandu Tingkat Nasional
Statistik Pengunjung
Hari ini | : | 502 |
Kemarin | : | 836 |
Total | : | 200,790 |
Sistem Operasi | : | Unknown Platform |
IP Address | : | 18.116.118.216 |
Browser | : | Mozilla 5.0 |
Kirim Komentar