Desa Titian Kuala

Kec. Selimbau
Kab. Kapuas Hulu - Kalimantan Barat

10
Info
Selamat Datang Di Website Desa Titian Kuala,Kec.Selimbau,Kab.Kapuas hulu. Pelayanan Setiap Hari Senin s/d Jum'at Dari jam 08:00 s/d 16:00 Wib Mohon Saran Dan Tanggapannya Di Kolom Komentar.

Artikel

INOVASI PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DESA TITIAN KUALA

Administrator

10 November 2022

128 Kali dibuka

Titian Kuala News- Berikut adalah beberapa kegiatan inovasi pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Titian Kuala : 
1- Portal Informasi Desa: Pemerintah desa membuat portal informasi desa yang menyediakan akses mudah ke informasi publik. Portal ini berisi berbagai informasi penting seperti kebijakan pemerintah desa, jadwal kegiatan, proyek pembangunan, laporan keuangan, dan pemberitahuan lainnya.
kontak penting.Masyarakat dapat mengakses portal ini melalui internet dan memperoleh informasi secara cepat dan transparan melalui Link Website Desa : 

      https://titiankuala.desa.id  


2- Aplikasi Seluler dan Anjungan Desa Mandiri (ADM) :
Pemerintah desa dapat mengembangkan aplikasi seluler yang memungkinkan masyarakat mengakses informasi publik dengan mudah melalui ponsel pintar Aplikasi ini mencakup fitur pelayanan surat pengantar secara praktis, Aplikasi pelayanan Surat Menyurat, Aplikasi Mobile Website Desa dan Anjungan Desa,

  Untuk Anjungan Desa Mandiri (ADM) Bisa Di Akses Langsung Di Kantor Desa Titian Kuala,Kegunaan Dari Pada Anjungan Desa Tesebut Adalah Untuk Pelayanan surat Menyurat Secara Global Oleh Masyarakat Desa Titian Kuala.

Untuk Aplikasi Mobile dapat di Download Di bawah Ini :

     Aplikasi Mobile Layanan Desa

     Aplikasi Mobile Kelola Desa

     Aplikasi Mobile Website Desa
  
  
3- Media Sosial Desa : Pemerintah desa memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat Dengan membuat akun resmi desa, 
pemerintah dapat membagikan berita, pengumuman, foto kegiatan, dan menjawab pertanyaan masyarakat. Media sosial juga memungkinkan interaksi dua arah yang dapat memperkuat keterlibatan dan partisipasi masyarakat : 
 Facebook  : https://m.facebook.com/TitianKualaIsOne  
 Instagram  : https://www.instagram.com/sitika_informasi/  
 Youtube     : https://www.youtube.com/@TITIANKUALA 

  
4- Posko Informasi Publik : Pemerintah desa membuat ruang khusus terkait informasi publik di kantor desa. Posko ini dilengkapi dengan papan pengumuman, brosur, dan petugas yang siap memberikan informasi kepada masyarakat.Posko informasi publik dapat menjadi tempat untuk mengajukan pertanyaan, memberikan masukan, atau mengakses informasi terkait desa Layanan WhatsApp Group (WAG) Warga Desa Titian Kuala,
maupun Japri ke Nomor WA Admin Desa Titian Kuala : Pemerintah desa menyediakan layanan pesan singkat yang memungkinkan masyarakat untuk menerima informasi publik melalui WhatsApp.Untuk Layanan WhatsApp Group (WAG) Desa Titian Kuala Di Beri Nama :

  • GROUP SITIKA INFORMASI ( UNUK MASYARAKAT DESA TITIAN KUALA )
  • GROUP KAMPUN DAMAI ( UNUK MASYARAKAT DESA TITIAN KUALA )
  • GROUP KARANG TARUNA
  • GROUP POSYANDU

   Masyarakat dapat mendaftar untuk menerima pembaruan terkait kegiatan desa, pengumuman penting, atau pemberitahuan darurat, Layanan ini dapat memanfaatkan teknologi WhatsApp Group untuk mengirimkan pesan ke nomor-nomor yang terdaftar. 
  Serta Pemerintah Desa dalam kegiatan acara warga, dalam Sambutan atas nama Pemerintah Desa sekalian menginformasikan kegiatan Desa seperti di acara Hajatan, Tahlil, Muslimatan, dll.

5- Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Publik Desa : Sosialisasi yang diberikan ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk menunjang pelayanan publik yang lebih cepat.
Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari perkembangan kebutuhan manusia. 
    Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, selain dapat meningkatkan pelayanan juga bermanfaat dalam proses pengolahan data yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan,dan mendukung pengambilan keputusan. 
Salah satu teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi menggunakan media aplikasi dan internet yang dapat di akses dari mana saja, 
sehingga pemasukan data dapat dilakukan dari mana saja dan dapat dikontrol dari satu tempat sebagai sentral.

   Untuk Penerapan Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Publik Tesebut Dilaksana Di Setiap Pertemuan, Media Sosial, Whatsapp Group dan juga Kegiatan Lainnya Seperti : 

  • Sewaktu Rapat Desa Dengan Masyarakat
  • Majelis Taqlim
  • Whatsapp Group
  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube

   Penting untuk memilih inovasi pelayanan informasi publik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat desa. Dalam implementasinya,pemerintah desa juga perlu memastikan aksesibilitas, ketersediaan sumber daya, dan kemudahan penggunaan bagi masyarakat mengakses dan memanfaatkan layanan informasi publik yang disediakan.

   Adapun permasalahan yang dihadapi pemerintah desa dalam mengoptimalkan kegiatan pemerintah Desa meliputi permasalahan internal yang berupa ketatalaksanaan,sumber daya manusia atau kompetensi aparat pemerintah desa, dan penggunaan teknologi administrasi yang masih kurang. 
Sedangkan, masalah eksternal berupa dinamika masyarakat dan tumbuh kembangnya masalah yang dihadapi masyarakat.
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dijelaskan bahwa "Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia. 
Diantaranya dapat membantu Perangkat Desa dalam melakukan kegiatan Tata Usaha Administrasi Desa. Dalam bidang kegiatan tata usaha administrasi Desa, komunikasi merupakan hal terpenting yang dijalankan oleh Perangkat Desa. 
Tanpa adanya teknologi informasi dan komunikasi maka kegiatan perkantoran di pemerintahan Desa tidak akan berjalan dengan baik. 


Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

PJ Kepala Desa

H.RUSLISYAH

Kasi Pemerintahan

HAIRUDIN

Sekretaris Desa

AGUS WAHYUDIN

Kaur Keuangan

ELLY MASTARINI

Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan

DEVI SURYANI

Kaur Umum dan Perencanaan

M. AGUS KURNIAWAN,S.HUT

Kepala Dusun Gertak Baru 1

SAPARDI

Kepala Dusun Gertak Baru 2

BENI HADRIANSYAH

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Titian Kuala

Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

RADIO RRI Pro 1 PONTIANAK

FM 104.2 RADIO STREAMING RRI 1 PONTIANAK

Transparansi Anggaran

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 1.189.001.000,00Rp 649.494.728,41

Belanja

AnggaranRealisasi
Rp 1.189.001.000,00Rp 649.497.693,00

APBDes 2024 Pendapatan

Lain-lain Pendapatan Asli Desa

AnggaranRealisasi
Rp 7.350.000,00Rp 7.350.000,00

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 781.390.000,00Rp 468.834.000,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp 13.106.000,00Rp 0,00

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 387.134.000,00Rp 173.290.704,00

Bunga Bank

AnggaranRealisasi
Rp 21.000,00Rp 20.024,41

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 513.461.000,00Rp 271.264.693,00

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 371.790.000,00Rp 187.963.000,00

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 57.050.000,00Rp 51.350.000,00

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

AnggaranRealisasi
Rp 246.700.000,00Rp 138.920.000,00

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.612158304387158
Longitude:112.12506473064424

Desa Titian Kuala, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu - Kalimantan Barat

Buka Peta

Wilayah Desa